Catat! Negosiasi Freeport Utamakan Kepentingan Papua

0
138

ALLSBOBET AGEN SBOBET ONLINE TERPERCAYA

LiputanLive.com – Pemerintah berjanji mengutamakan kepentingan masyarakat Papua dalam proses negosiasi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Di sisi lain, pemerintah tetap konsisten dengan kebijakan hilirisasi mineral sesuai aturan yang ada. Ketua tim negosiasi antara pemerintah dan PTFI Teguh Pamudji mengatakan, secara intensif, saat ini pemerintah sedang melakukan negosiasi dengan PTFI. Pihaknya memastikan proses negosiasi tidak sekadar melihat bisnis yang dijalankan Freeport, tetapi mengedepankan kesejahteraan rakyat Papua.

“Kami tidak hanya melihat kepentingan Freeport, tapi melihat kepentingan Papua secara keseluruhan. Itu sesuai dengan apa yang diutarakan oleh Pak Menteri (Ignasius Jonan) yang dibutuhkan adalah untuk kepentingan Papua,” ujar dia di Jakarta kemarin.

Menurut dia, pemerintah terus mencari solusi menghadapi perselisihan dengan PTFI terkait perubahan status kontrak karya (KK) menjadi izin usaha per tambangan khusus (IUPK).

“Kebijakan pemerintah tetap konsisten dengan kebijakan hilirisasi mineral. Pemerintah juga ingin menjaga kegiatan sosial dan ekonomi di Papua tetap stabil,” ucap pria yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM ini.

Sementara itu, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan, pembahasan dalam proses negosiasi menyangkut stabilisasi investasi.

Pemerintah telah memberikan IUPK kepada PTFI tertanggal 10 Februari 2017. Pemerintah juga telah menerbitkan rekomendasi ekspor PT FI pada 17 Februari 2017.

“Kendati demikian, apabila setelah enam bulan PTFI tidak bisa menerima IUPK, silakan kembali ke Kontrak Karya, tapi tidak bisa ekspor konsentrat,” tandasnya.

Pakar energi dari Universitas Tri Sakti Pri Agung Rakhmanto menilai, permasalahan Freeport harus dapat dikelola dan diselesaikan dengan baik dengan asumsi bahwa baik Pemerintah Indonesia maupun Freeport masih beriktikad untuk terus bekerja sama, cara penyelesaian yang semestinya dikedepankan kedua pihak ialah negosiasi untuk mempertemukan perbedaan-perbedaan kepentingan yang ada.

ALLSBOBET AGEN SBOBET ONLINE TERPERCAYA

“Saya melihat semestinya masih sangat terbuka ruang untuk melakukan hal itu ketimbang pilihan arbitrase yang belakangan ini cenderung mengemuka,” kata dia.

Vice President Corporate Communication PTFI Riza Pratama mengatakan, PTFI akan segera mengoperasikan kembali tambang Grasberg di Tembagapura, Mimika, Papua.

Itu lantaran akan segera aktifnya pabrik pengolahan bijih menjadi konsentrat tembaga atau mill pada 21 Maret 2017 mendatang menyusul beroperasinya fasilitas pemurnian dan pengolahan (smelter) di Gresik, Jawa Timur.

 

Okezone.com

LEAVE A REPLY