Laptop Digondol Maling, Data Penting Kelurahan Gergunung Klaten Raib

0
129

LIPUTANLIVE.COM, KLATEN – Hilangnya tiga unit laptop milik Kelurahan Gergunung akibat aksi pencurian Jumat (24/3/2017) dini hari menyisakan sejumlah permasalahan.

Pasalnya sebagian besar data penting ikut raib lantaran tersimpan di dalam hard disk komputer jinjing yang digondol kawanan pencuri.

Kasi Pembangunan Kelurahan Gergunung, Heri, mengatakan ketiga unit laptop tersebut berisi data penting mulai dari layanan masyarakat, data kependudukan hingga pembangunan di wilayah kelurahan setempat.

Parahnya, belum semua data dibuat backup atau salinannya.

“Hampir semua data ada di dalam tiga laptop itu karena digunakan untuk layanan publik. Belum semuanya tersalin,” ungkapnya, Jumat (24/3/2017).

Beruntung perangkat Central Prosessing Unit (CPU) tidak turut diambil pencuri. Sehingga sebagian data layanan masih dapat diakses.

“Yang diambil hanya monitornya, sehingga datanya masih bisa diakses. Selain itu, masih ada dua laptop yang berisi data keuangan dan penggunaan anggaran, kebetulan saat kejadian sedang dibawa bendahara untuk menyelesaikan tugas,” katanya.

Heri menjelaskan saat ini kantor Kelurahan Gergunung sedang direnovasi. Sehingga layanan publik untuk sementara dipindahkan ke aula. Diakuinya kondisi ruang aula lebih terbuka sehingga mudah terlihat dari teras.

“Baru dipindah dua hari yang lalu. Kebetulan jendela yang dicongkel langsung berhadapan dengan meja layanan,” ujarnya.

Ditanya adanya kemungkinan pelaku pencurian sudah mengetahui seluk beluk kantor, ia mengakuinya. Kendati demikian, pihaknya enggan berspekulasi.

“Mungkin saja. Karena yang dibobol langsung meja layanannya yang memang biasanya digunakan untuk menyimpan peralatan. Tapi kami tidak mau menduga-duga, biar kepolisian yang menyelidiknya,” kata dia.

LEAVE A REPLY