Jokowi Kurban Sapi 1 Ton untuk Warga Kulonprogo

0
78

071446600_1441799880-sapi-8

Liputanlive.com Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sapi kurban seberat 1 ton kepada warga Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X mengatakan, sapi dari Jokowi tersebut diterima Pemda DIY dan diserahkan kepada Pemkab Kulonprogo. Kulonprogo menjadi daerah yang menerima sapi tersebut karena sebelumnya Gunungkidul sudah menerima pada tahun lalu.

“Kemarin kan Gunungkidul, kan ada kantong kemiskinan ada 15 kecamatan. Kita utamakan itu dulu kebetulan kantong kemiskinan di Kulonprogo juga Gunungkidul. Cuma ada kemarin di Gunungkidul sekarang di Kulonprogo,” ujar Paku Alam X, Jumat, 9 September 2016.

Paku Alam X mengatakan, sapi ini salah satu dari hewan yang dikurbankan Jokowi kepada 33 provinsi Indonesia saat Idul Adha.

Sapi kurban Jokowi ini merupakan jenis sapi Jawa yang memiliki bobot 1 ton. Harga sapinya mencapai Rp 47 juta. “Kita punya dikasih uang, dicarikan yang besar. Harganya 47 juta,” kata Paku Alam.

Kepala Biro Umum dan Protokol Setda DIY Haryanta mengatakan, ada delapan sapi yang diserahkan Pemda DIY, salah satunya dari presiden dan tujuh dari Gubernur DIY.

Nantinya, dua ekor sapi diberikan kepada masjid keraton Yogyakarta dan Pakualam. Sementara lima sisanya diberikan kepada empat kabupaten dan satu kota. Sapi diambil dari peternak sapi di Cangkringan Sleman.

“Total 178 juta. Ada yang besar, ada yang 28 juta, yang lima 22 juta. Jenis Jawa sudah dibesarkan. Ini untuk memberdayakan petani kita. Agar petani ada nilai produksinya bisa dimanfaatkan,” kata Haryanto.

LEAVE A REPLY