Komplotan Maling pakai Ilmu Sirep, Ilmu yang Ditakuti di Asahan

0
156

komplotan-gunungpokerLiputanLive.com – Petugas Polsek Prapat Janji, Asahan, Sumatera Utara (Sumut), berhasil meringkus dua dari empat kawanan maling yang beraksi menggunakan ‘ilmu sirep’. Keduanya ditangkap setelah petugas melakukan pengejaran selama dua pekan, Selasa (30/8/2016).

Satu dari dua maling yang ditangkap itu berinisial JHS (31), warga Dusun III Aek Belu, Desa Lestari, Kecamatan Buntu Pane. JHS merupakan seorang dukun. Ia bersama komplotannya selalu sukses membobol rumah tanpa ketahuan pemiliknya, karena telah terlelap kena ‘ilmu sirep’ yang dilancarkannya.

asaha-maling-dukun-gunungpoker
Sementara tersangka lainnya berinisial AM (26), warga Dusun VI Perkebunan, Desa Bandar Pulau, Kecamatan Bandar Pulau. Sedangkan dua pelaku yang masih dalam pengejaran dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) berinisial Z dan J.

“Terungkapnya aksi para pelaku setelah korbannya bernama Hotmauli Saragih membuat laporan pada Selasa (16/8/2016). Para pelaku berhasil dibekuk dua pekan kemudian,” kata Kapolsek Prapat Janji, AKP Boris Saragih, didampingi Kanit Jatanras Ipda M Khomaini.

Saat diperiksa, JHS mengaku ia dan komplotannya beraksi setelah terlebih dahulu menyirep pemilik rumah. Sebelum dibobol, mereka menyiram dinding rumah korban menggunakan air yang telah dibacakan mantra sehingga seluruh pemilik rumah tertidur lelap.

“Usai menyiram rumah korbannya, mereka menunggu pemilik rumah tertidur pulas. Setelah pemilik rumah tertidur, mereka lalu masuk ke dalam dan dengan bebas menjarah isi rumah korban,” terang Khomaini.

Dari rumah korban Hotmauli, para pelaku menggondol 2 unit sepeda motor dan sejumlah handphone. Akibat pencurian ini korban mengalami kerugian korban hingga Rp 30 juta. “Atas perbuatannya para tersangka dikenakan Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan, ancamannya 7 tahun penjara,” terangnya. (heri)

LEAVE A REPLY