Panitia Janjikan Upacara Pembukaan PON Spektakuler

0
117

db7c8163-94a5-44e2-92ca-d373f271ac44_43Liputanlive – Kurang dari tiga minggu perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat akan digelar. Upacara pembukaan diklaim akan jadi tontonan yang megah.

“Pokoknya pembukaan ini akan lebih dari PON-PON sebelumnya. Akan spektakuler. Sebagai contoh, penggunaaan layar. Jika dulu sistem tata itu hanya satu layar di bawah lapangan saja, tetapi PON sekarang layarnya dibagi dua,” kata Ketua Bidang Pertandingan PB PON XIX/2016 Jawa Barat, Yudha M Saputra, lewat sambungan telepon dengan Liputanlive.com, Rabu (31/8/2016).

“Satu layar berada di lapangan dengan ukuran 90×60 meter, lalu di samping juga dibuat layar berukuran 90×30 meter. Nah, permainan teknologinya ini yang nantinya akan jadi luar biasa dan dahsyat. Yang jelas lebih hi-tech,” ungkap dia.

Yudha mengakui jika ide pembukaan ini sedikit banyak berkaca dari perhelatan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

“Semua SDM kita lokal. Semua murni dari Jawa Barat. Karenanya mungkin saja pembukaan nanti bisa lebih bagus dari Rio kemarin,” sahut dia.

Salah satu atraksi yang akan ditampilkan panitia adalah menghadirkan atlet-atlet legendaris asal Jawa Barat seperti Susy Susanti, Taufik Hidayat, dan lain-lain. Mereka akan dilibatkan sehak sesi kirab api PON pada 5 September di Indramayu, yang akan diresmikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

“Karena slogan kita ‘Berjaya di Tanah Legenda’, maka kami akan kumpulkan pula para legenda terutama (dari) Jawa Barat. Dari sana (kirab) terus bergerak sampai pada upacara pembukaan. Semua atlet legenda akan tumpah ruah di sana,” ucap Yudha.

Meski waktu acara sudah semakin dekat, saat ditanya berapa jumlah atlet legendaris yang dimaksud, Yudha belum memberi jawaban yang pasti.

“Sejauh ini yang terdaftar baru 19. Lebih banyak tentu lebih bagus. Kami coba 19 dulu yang betul-betul atlet legenda, karena setelah digali-gali, sebenarnya banyak sekali legenda Jawa Barat.”

Pembukaan PON diadakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 17 September. Event berlangsung sampai 29 September.

LEAVE A REPLY