Tips Tips Packing Koper Agar Masuk ke kabin Pesawat

0
114

fli

Jakarta, LiputanLive.com – Salah satu proses yang memakan waktu saat menggunakan pesawat adalah saat melewati pemeriksaan dan melakukan check in. Belum lagi saat tiba di tujuan, Anda harus mengantre menunggu koper Anda muncul melalui conveyor belt. Agar terhindar dari antrian panjang sebaiknya Anda cukup membawa satu tas saja ke dalam kabin pesawat.

Tidak sembarang tas atau koper bisa masuk ke dalam kabin pesawat. Ada syarat dan ketentuan yang wajib diketahui untuk dipenuhi para penumpang yang hendak membawa tas ke dalam kabin pesawat. Berikut tips packing koper agar bisa masuk kabin pesawat yang disusun oleh Liputan6.com, Selasa (30/8/2019).

Umumnya maskapai penerbangan menetapkan dimensi koper tidak melebihi ukuran 56cm x 36cm x 23cm jika ingin dibawa masuk ke kabin pesawat. Beratnya umumnya dibatasi tidak boleh melebihi dari 7 kilogram saja. Terkadang memang masih banyak traveler yang bisa lolos dari pemeriksaan bobot bawaan. Namun Anda harus berhati-hati karena pemeriksaan untuk penerbangan internasional lebih ketat dibandingkan dengan pemeriksaan penerbangan domestik.

2. Bawa pakaian seperlunya saja

Hindari mengemas pakaian yang tebal dalam koper. Gunakan saja sebagai pakaian rangkap atau ditenteng bersamaan dengan koper. Pilih pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat dan tidak mudah lecek. Gunakan zipper bag untuk membungkus pakaian agar bisa menghemat ruang di dalam koper. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan pakaian dalam sekali pakai yang bisa dibeli di tempat tujuan.

3. Pilih perlengkapan mandi paling penting

Jika berencana menginap di hotel saat tiba di destinasi tujuan, ada baiknya Anda cukup membawa barang yang sangat pribadi seperti sikat gigi dan alat pencukur. Hotel biasanya sudah menyiapkan sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi dan handuk sebagai perlengkapan mandi. Jika Anda tidak nyaman menggunakan perlengkapan mandi yang disediakan hotel, pilih perlengkapan mandi dalam bentuk sachet sekali pakai sehingga bisa lebih menghemat ruang di dalam koper.

 

4. Kosongkan botol air minum

Umumnya maskapai penerbangan hanya mengizinkan penumpang membawa maksimal 1 liter cairan termasuk air minum. Anda pasti akan selalu membutuhkan botol air minum. Jadi kosongkan saja dan kemas dengan rapi. Isi dengan obat-obatan penting yang harus Anda bawa selama traveling.

5. Cek ulang berat koper sebelum berangkat

Lakukan pengecekan sebelum berangkat ke bandara. Ada baiknya Anda memiliki timbangan gantung di rumah. Dalam kondisi terpaksa jika tidak lolos pemeriksaan biasanya Anda akan diminta untuk mengemas ulang koper Anda sampai benar-benar bisa diizinkan masuk ke dalam kabin pesawat. Namun, semua bisa dihindari jika Anda benar-benar melakukan timbang sebelumnya dari rumah.

Jangan pernah membawa benda-benda terlarang seperti benda tajam atau benda tumpul yang berpotensi bisa dijadikan sebagai senjata jika ingin koper Anda lolos pemeriksaan. Pastikan Anda mematuhi semua peraturan demi keselamatan penerbangan. Jangan lupa melakukan pemesanan tiket pesawatnya di sini.

 

LEAVE A REPLY