Toyota Calya Resmi Meluncur di GIIAS 2016, Ini Detail Harganya

0
97

IMG_0569

Liputanlive- hari ini (11/8) resmi diluncurkan untuk publik, setelah sebelumnya diperkenalkan kepada kalangan media. Peluncuran perdana Low Multi Purpose Vehicle (MPV) Low Cost Green Car (LCGC) ini merupakan pertama kalinya di Indonesia dan dunia. Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 menjadi arena yang dipilih PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk mulai memperkenalkan Calya yang digadang menjadi volume maker mereka.

“Kehadiran all new calya adalah untuk menjawab kebutuhan pasar akan kendaraan mpv dengan harga terjangkau dan dengan interior luas untuk semua keluarga. Kehadiran mobil ini membuat segmen MPV Toyota semakin lengkap,” ujar Deputy Chief Engineer Toyota Motor Corporation, Masanobu Ito.

“Kami harapkan pendatang baru Toyota, All New Sienta dan All New Calya akan menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan,” ujar President Directoe PT toyota astra motor, hiroyuki fukui.

Calya menggunakan mesin 1.2 liter berkode 3NR-VE. Mesin 4-silinder 1.200 cc tersebut merupakan mesin hasil pengembangan dari mesin Etios Valco yang saat ini masih digunakan di Indonesia. Bedanya mesin ini mendapat fitur pengatur katup variabel ganda (Dual VVT-i) untuk membuat tenaga dan efisiensinya lebih terjaga. Output tenaga mesinnya bisa mencapai 88 PS/6.000 RPM dengan torsi mencapai 168 Nm/4.200 RPM.

Fitur-fitur yang diusung oleh Calya cukup mumpuni sebagai mobil di kelas LCGC. Misalnya saja Air Conditioner (AC) yang sudah diaplikasikan di semua tipe. Bahkan strategi untuk menjaga suhu penumpang belakang terjamin, Toyota mengaplikasikan rear circulator yang mensirkulasikan ulang suhu AC baris pertama ke penumpang belakang.

Di sektor perangkat hiburan, headunit (HU) 2din yang bisa memainkan CD, koneksi USB, AUX, dan bluetooth tersedia untuk Tipe G. sedangkan Tipe E mendapatkan headunit dengan kemampuan memutar medium yang lebih sedikit.

IMG_6124

Berbeda dengan kompetitornya, Datsun GO+ Panca yang bisa mengangkut 5 dewasa plus 2 anak kecil Calya memiliki komposisi angkut 7 penumpang dewasa. Bangkunya belakang baris kedua juga memiliki kemampuan reclining dan sliding seperti baris pertama. Tak hanya itu, bangku baris keduanya bisa dilipat dengan cara yang lebih modern dari kompetitornya, yakni dengan one touch tumble.

Di sektor keamanan, fitur airbagnya tersedia dua buah untuk penumpang depan. Seluruh bangkunya juga disiapkan safety belt. Fitur ini terdapat di semua tipe Calya. Sedangkan fitur pengereman ABS tidak disediakan untuk Calya tipe E M/T STD. Fitur Immobilizer pada kunci dan alarmnya juga disebutkan akan disediakan untuk semua varian Calya.

Mobil ini dijual secara resmi pada ajang GIIAS dengan harga sebagai berikut.

E 1.2 M/T STD Rp 129,65  juta (fleet)

E 1.2 M/T Rp 132,45 juta

E 1.2 A/T Rp 145,45 Juta

G 1.2 M/T Rp 138 juta

G 1.2 A/T Rp 150 juta

LEAVE A REPLY