Trik Hindari Konsumsi Makanan Tak Sehat Saat Lapar di Malam Hari

0
68

f08ce4f1-31a7-4bc7-a371-e03da199ebdb_169

LIPUTANLIVE ,Jakarta, Salah satu hal yang membuat khawatir ketika tiba-tiba muncul rasa lapar di malam hari adalah jika Anda menuruti keinginan untuk makan, maka bobot bisa bertambah.

Padahal, bertambahnya bobot akibat makan di malam hari bisa dihindari jika Anda mengonsumsi makanan yang menyehatkan. Nah, untuk mengurangi keinginan mengonsumsi makanan yang tak sehat saat lapar di malam hari, para ahli diet memiliki beberapa trik yang bisa dilakukan. Apa saja?

1. Sarapan dengan asupan tinggi protein

Penelitian menunjukkan, konsumsi makanan tinggi protein saat sarapan bisa membantu menekan nafsu makan yang tidak sehat. Sebab, asupan kaya protein bisa membuat perut kenyang lebih lama. Nah, ahli gizi di Medifast California, Cara Walsh merekomendasikan setidaknya konsumsi 30 gram protein di pagi hari.

2. Makan cukup di siang hari

Kepada Prevention, Walsh mengatakan tak jarang orang yang tergoda untuk membatasi asupan saat makan siang dengan tujuan tak terlalu banyak asupan yang dimakan di malam harinya.

“Jangan lakukan itu. Tidak cukup makan di siang hari bisa membuat Anda lapar dan lebih mungkin mengonsumsi makanan tidak sehat di malam harinya,” kata Walsh.

3. Pilih camilan yang dikonsumsi perlahan-lahan

Ahli diet Amy Goren menyarankan pilihlah camilan yang bisa dikonsumsi perlahan-lahan. Ia mengatakan, jika dirinya lapar, ia lebih memilih pistachio kemasan 100 gram karena untuk membuka pistachio butuh waktu lebih lama. Adanya waktu membuka kulit kacang tersebut dikatakan Goren bisa mengurangi risiko mengonsumsi makanan tanpa berpikir lebih dulu.

4. Ingat apa asupan yang belum dicukupi

“Ketika timbul rasa lapar di malam hari, pikirkan apakah selama seharian tadi Anda sudah cukup makan buah atau sayur? Bagaimana dengan asupan protein Anda? Jika ada yang belum terpenuhi, jadikan itu prioritas. Sebaiknya, konsumsi camilan 100 kalori dengan segelas air putih,” kata ahli diet Sarah Pflugradt.

5. Lakukan hal menyenangkan di kamar

Melakukan kegiatan yang menyenangkan di kamar dan membuat nyaman seperti membaca, menonton TV, atau chatting dengan teman bisa mengalihkan perhatian Anda dari keinginan makan. Sebab, pada prinsipnya Anda berada jauh dari dapur yang notabene berisi banyak makanan. Demikian disampaikan Lori Langer, pendiri Live Well Nutrition Consulting.

6. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar lapar?

Pelatih kebugaran bersertifikat Nicole Granato mengungkapkan ketika seseorang bosan, ia akan lebih mudah memiliki dorongan untuk ngemil. Nah, jika itu dialami saat malam hari, coba ambil napas dalam-dalam dan tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar lapar atau hanya ingin mencoba mengisi waktu saja.

“Jika Anda benar-benar lapar, silakan ngemil makanan yang tak berkalori tinggi. Tapi jika Anda hanya bosan, isi waktu dengan melakukan hal lain,” kata Granato.

LEAVE A REPLY