Yogurt dan Wasabi Bisa Redakan Gejala Asma dan Alergi (1)

0
158

94365608-eb7e-4889-ab47-541d477e9424_169Liputanlive – Hidung mampet, ingus deras dan mata merah bisa jadi gejala asma dan alergi. Selain obat coba atasi dengan asupan makanan dan minuman yang tepat.
Gejala alergi dan asma mudah muncul saat pergantian cuaca. Obat dokter bisa mengatasi dengan segera. Tetapi tak ada salahnya mencoba memilih makanan dan minuman yang bisa meredakan gejala tersebut.

Konsumsi teh hijau sampai makan wasabi bisa mengatasi gejala ini. Juga beberapa makanan dan minuman yang direkomendasikan oleh everydayhealth.com (16/12/13) dan berbagai sumber ini bisa jadi asupan sehat.

1.Teh Hijau

Menurut Murray Grossan, MD,dokter THT di Los Angeles, teh hijau, dengan atau tanpa kafein, sangat baik untuk penderita alergi.

Teh mengandung antihistamin alami yang bagus untuk kurangi gejala alergi. Histamin adalah bahan kimia yang dilepaskan tubuh Anda selama reaksi alergi. Grossan merekomendasikan secangkir teh panas di pagi hari saat Anda bangun untuk mencegah bersin-bersin.

2.Hindari makanan pedas

“Orang dengan alergi musiman tetap dapat menikmati hidangan pedas. tetapi aroma menyengatnya bisa memicu gejala alergi mereka,” ujar Grossan. Makanan pedas memicu histamin yang akan mengganggu saat alergi terjadi. Jika gejala alergi muncul, hindari makanan pedas berempah.
3.Coba hidangan Mediterania
Menurut Journal of Asthma (2013), beberapa penelitian mendukung pendapat bahwa makanan Mediterania dapat membantu orang mengendalikan asma.

Menu mediterania ini terdiri dari buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun.

4. Hindari makanan mentah saat alergi

Diantara makanan mentah, apel mentah atau daun selada mungkin yang paling mengganggu alergi Anda.

Grossan menyarankan selama musim alergi, saat gejala benar-benar mengganggu, jangan makan makanan mentah, cukup makanan olahan atau yang dimasak.Memasak makanan mengurangi risiko gejala alergi berkembang.

5.Wasabi

Wasabi adalah pasta hijau pedas yang disajikan dengan sushi di restoran Jepang.

“Wasabi bisa membantu melegakan hidung tersumbat dan membantu Anda bernapas lebih baik saat alergi menyerang” tutur Grossan.

Tetapi metode ini hanya untuk Anda yang dapat mentolerir panas. Jika tidak, mungkin wasabi malah akan memperburuk alergi karena punya potensi untuk melepaskan lebih banyak histamin.

LEAVE A REPLY